Ajang Kumpul Dunia Robot Terbang bersama NET89

Ajang Kumpul Dunia Robot Terbang bersama NET89 – Komunitas bisa terbentuk dengan sendirinya melalui kesamaan hobi dan tujuan. Hal inilah yang menjadi faktor terbentuknya komunitas UAV untuk para pencinta robot-robot terbang. B erawal dari satu hobi yang sama, Adiatmo Rahardi, yang merupakan Ketua Komunitas Robot Indone- sia bersama para anggotanya (Tio Apridinata, Her- man Wibowo, Aris Sugiri, Fajar Septian, Dedy Risdy- anto) melakukan aktivitas menerbangkan berbagai robot terbang di salah satu lokasi di bilangan Jakarta Selatan.

Aktivitas yang dimulai sekitar bulan Juli 2014 lalu dan selalu berkumpul setiap hari Sabtu ini, perlahan tapi pasti dapat menarik para pencinta robot terbang lainnya. Mulai dari Multicopter, hingga Fixed Wing diterbangkan oleh komunitas ini. Komunitas ini juga berhasil mengajak Endri Rachman, pakar UAV yang memiliki banyak pengalaman riset UAV di Jerman. Selain Endri Rachman, Komunitas UAV juga merangkul pakar dunia penerbangan, Dudi Sudibyo. Dari para pakar inilah mereka selalu bertukar informasi untuk mempopulerkan berbagai jenis robot terbang di Indonesia.

Aktivitas Komunitas Setiap Sabtu pagi jam 07.00 hingga 09.00 para anggota komunitas ini selalu berkumpul di Lapangan Sepak Bola Masjid Agung Al-Azhar Jakarta. Mereka saling bertukar informasi mengenai komponen wahana UAV dan sekaligus menerbangkannya. Komunitas ini juga menjadikan Universitas Al-Azhar Indoensia sebagai laboratorium untuk “mengoprek” dan menghasilkan produk UAV. Mulai dari tricopter, quadcopter, hexacopter, hinga fixed wing mereka hasilkan dari laboratorium tersebut. Laboratorium ini juga menjadi solusi bagi para pehobi yang sama tetapi masih bingung dalam merakit atau menentukan salah satu bagian robot terbang ini.

Para anggota komunitas membuka pintu lebar-lebar bagi para pencinta robot terbang ini. Solusi dipecahkan bersama-sama dari laboratorium ini. Biasanya, mereka memanfaatkan berbagai macam toko online di luar Indonesia seperti ebay guna mendapatkan berbagai macam bagian dari robot terbang. Mulai dari lengan, baling-baling, flight controller, hingga remote didapatkan dengan pembelian secara online. Hal ini terjadi karena masih sangat jarangnya toko di Indonesia yang menyediakan kebutuhan untuk robot terbang ini. Bagian terpenting dari sebuah robot terbang ada pada Flight Controller yang menjadi pusat kendali robot terbang.

Sumber : https://net89.net/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *