Mengubah Gambar Atau Foto Tanpa Izin Gara-gara FIN888 Bodong

Mengubah Gambar Atau Foto Tanpa Izin Gara-gara FIN888 Bodong – Perkembangan teknologi saat ini me mungkinkan setiap orang denganmudah menaruh dan mendownload foto atau gambar melalui Google, Facebook, Instagram dan lain sebagainya. Gambar atau foto yang sudah di-download atau diambil tidak jarang digunakan kembali dan dimodifikasi dengan menggunakan aplikasi yang sering disebut dengan Photoshop tanpa seizin dari pemilik foto atau gambar tersebut.

Terkait hal tersebut muncul pertanyaan apakah mengubah/memodifikasi/mengedit gambar atau foto milik orang lain tanpa izin dari pencipta atau pemegang hak cipta adalah pelanggaran hak cipta? Dasar hukum Pasal 12 ayat (1) Undang-Undang No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta (UUHC) mengatur bahwa gambar merupakan salah satu ciptaan yang dilindungi oleh UUHC. Pada penjelasan umum UUHC dijelaskan bahwa hak cipta atas ciptaan dalam hal ini gambar atau foto tersebut terdiri atas hak ekonomi (economic rights) dan hak moral (moral rights).

Hak ekonomi merupakan hak untuk mendapatkan manfaat ekonomi atas suatu ciptaan yang dimiliki oleh pencipta dan pemegang hak cipta, sedangkan hak moral adalah hak yang melekat hanya pada pencipta yang tidak dapat dihapus dengan alasan apa pun walaupun hak tersebut sudah dialihkan. Terkait dengan hak moral, Pasal 24 ayat (2) UUHC menyebutkan “Suatu Ciptaan tidak boleh diubah walaupun Hak Ciptanya telah diserahkan kepada pihak lain, kecuali dengan persetujuan Pencipta atau dengan persetujuan ahli warisnya dalam hal Pencipta telah meninggal dunia.”

Mengacu pada pasal ini dapat dikatakan bahwa perbuatan mengubah ciptaan seperti gambar atau foto tanpa seizin pencipta adalah perbuatan yang dilarang oleh UUHC. Bahkan pemegang hak cipta juga harus memiliki persetujuan dari pencipta jika akan mengubah atau memodifikasi ciptaan gambar atau foto. Persetujuan diperlukan untuk melindungi hak moral pencipta sehingga perbuatanperbuatan yang melanggar hak moral seperti mengubah gambar atau foto hanya dapat dilakukan dengan izin dari pencipta yang merupakan satu-satunya pemilik hak moral atas ciptaan gambar atau foto tersebut.

Sumber : https://teknorus.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *