Indonesian Builder

Indonesian Builder

Pada ajang IIMS 2016 Indonesian Builder (IB) kembali hadir. Kali ini dengan jumlah peserta lebih banyak dari tahun lalu yang hanya diikuti total 16 builder. Sedikitnya ada 32 builder yaitu 16 builder kendaraan roda empat dan 16 builder roda dua.

Untuk kendaraan roda empat Anda bisa melihat hasil karya dari workshop seperti Arland Garage, Retro Classoc Cycle, Bandietoz Garage, Holiday – Ratrod Hotrod, Atsahi Sumoto’s Garage, Naufal Creative Indonesia, Techno Colour Studio, Cockin Sisters Garage, Alstein Automotive Design, Elpso Garage, Dinov’s Speed And Custom, Kupu-kupu Malam, Garasi 941, L.A Custom dan A+ Auto Body Work.

Meski didominasi oleh rumah modifikasi yang berdomisili di wilayah Jabodetabek, builder dari luar kota pun tak mau kalah. Salah satunya dari rumah modifikasi asal kota Jogjakarta, yaitu Retro Classic Cycles memamerkan Ford Mustang Mach 1 lansiran tahun 1969 dan Kupu-Kupu malam yang memajang Toyota Alphard yang dimodifikasi.

Student Electric Cars Show

Pengunjung pameran juga disuguhi beberapa mobil listrik buatan mahasiswa Indonesia. Keenam mobil tersebut diberi nama Arjuna buatan mahasiswa Universitas Gajah Mada, Kujang 193 karya Universitas Pasundan, Tarusbawa karya mahasiswa ITENAS, P-Elcar dari Politeknik Negeri Bandung, Blue Warrior dari Politeknik Negeri Jakarta, dan Kaliurang Unisi Generasi 2 buatan Universitas Islam Indonesia.

Salah satu yang unik adalah mobil listrik Unisi. Pasalnya mobil listrik ini dapat dikendalikan melalui smartphone Android mulai dari menyalakan mesin hingga proses parkir.

Parade Test Drive

Pada Parade Test Drive & Ride menyediakan kesempatan kepada pengunjung pameran untuk merasakan fitur dan performa mobil dan sepeda motor baru. Setelah menunjukkan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan mengisi formulir, pengunjung bisa merasakan calon kendaraannya di lahan seluas lebih dari 2.000 meter persegi.

Parade Test Drive & Ride didesain khusus dengan beberapa handicap. Beberapa mobil yang disediakan mencakup Jeep Wrangler Rubicon, Fiat 500 Cabrio, MINI 3-Doors dan Countryman, Mercedes-Benz GLE dan GLC, VW Polo, Audi Q3 dan Q7. Lalu Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Yaris, Fortuner dan Kijang Innova, Honda HR-V dan BR-V, Hyundai Tucson dan Santa Fe, Chevrolet Trax dan Captiva, Nissan Serena dan X-Trail, Datsun Go+ Panca T Style, Daihatsu Xenia dan Ayla.

Military Zone

Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga ikut menghadirkan beberapa kendaraan tempur yang berada di bagian utara venue atau lebih tepatnya di area Military Zone.

Kendaraan kekuatan tempur yang ditampilkan TNI seperti Panser Anoa buatan PT Pindad milik Komando Daerah Militer Jakarta Raya (Kodam Jaya), dua tank Leopard buatan Jerman, dua tank Scorpion buatan Inggris milik Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (KOSTRAD), serta dua Bushmaster buatan Australia milik Komando Pasukan Khusus (KOPASUS).

Setiap kendaraan tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Seperti tank Leopard merupakan kendaraan untuk menghalau sesama tank ketika tempur dan menghancurkan altileri musuh. Sedangkan kendaraan tempur lapis baja, Bushmaster dan Panser Anoa, berfungsi membawa personel ke wilayah pertempuran secara cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.