BERENANG:Aman & Membuat Bugar

BERENANG:Aman & Membuat Bugar – Olahraga yang satu ini sangat dianjurkan bagi Mama hamil karena aman. Berenang dapat memperkuat otot-otot tubuh secara merata tanpa menimbulkan peningkatan risiko trauma pada persendian otot lantaran membawa beban kehamilan. Berenang juga memperkuat kerja otot jantung dan otot-otot dasar panggul, serta meningkatkan kebugaran. Bila mungkin, baiknya Mama hamil melakukan aquarobik, yaitu latihan/senam dengan menggunakan media air atau di dalam air.

Baca Juga : SAT Registration Jakarta

Selain membuat bugar, aquarobik juga dapat mengurangi rasa sakit saat bersalin. Pasalnya, senam air ini dapat menjaga kelenturan atau elastisitas jaringan ikat pada sendisendi panggul Mama hamil, sehingga persalinan dapat berlangsung lancar. Selain itu, aliran darah pun menjadi lebih lancar sehingga lancar pula suplai oksigen dan zat-zat gizi ke jaringan-jaringan tubuh, termasuk ke janin. Hal ini berdampak pada kesehatan Mama dan tumbuh kembang janin yang baik. Namun, sebelum melakukan aquarobik, Mama hamil dianjurkan mengonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter, baiknya ke dokter yang ahli olahraga dalam kehamilan. Hal lain yang perlu diperhatikan terkait olahraga dalam air ini ialah:

• Hati-hati dengan lantai licin di seputar kolam renang, jangan sampai Mama hamil terpeleset yang bisa membahayakan kandungan.

• Sebelum masuk ke kolam, terlebih dahulu bilas tubuh dengan air segar di luar kolam agar suhu tubuh beradaptasi dengan suhu air kolam.

• Tidak memaksa diri. Hentikan aktivitas bila Mama hamil merasa tak nyaman. Beristirahatlah.

• Tidak berenang di kala hujan karena nanti kedinginan dan mudah sakit.

• Hindari menggunakan papan seluncur atau papan loncat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.