Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Tibi

Anda perlu waspada jika Anda sering batuk – batuk tapi tak kunjung sembuh. Bisa jadi batuk itu bukan batuk biasa melainkan gejala penyakit tibi.  Penyakit tibi mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Jika anda mengalami gejala – gejala seperti batuk terus menerus, berdahak, dada terasa nyeri, demam berkepanjangan, badan terasa lesu, nafsu makan berkurang dan berat badan turun, Anda patut waspada karena gejala tersebut adalah gejala penyakit tibi.

Penyakit tibi atau biasa disebut Tuberculosis merupakan penyakit yang menginfeksi paru – paru  disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit tibi ini harus diwaspadai karena termasuk dalam 10 besar penyakit yang menyebabkan kematian.

Menurut data dari WHO (World Health Organization) pada tahun 2015, Indonesia menjadi salah satu negara dari 6 negara yang memiliki kasus penyakit tibi terbanyak  di seluruh dunia.

Penyakit tibi ini bisa menular saat penderita penyakit tibi akut batuk atau bersin dan mengeluarkan titik – titik air liur yang menyebar melalui udara, lalu terhirup secara langsung oleh orang – orang disekitarnya. Tetapi tidak selalu orang yang terinfeksi kuman penyakit tibi akan langsung sakit, karena tergantung daya tahan tubuh orang tersebut.

Biasanya daya tahan tubuh seseorang mencegah perkembangan kuman penyakit tibi. Jika daya tahan tubuh orang tersebut tidak dapat menahan perkembangan kuman penyakit tibi, maka akan munculah gejala penyakit tibi.

Tipe orang yang cenderung mudah terinfeksi penyakit tibi, Diantaranya:

Orang –orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah cenderung lebih gampang terinfeksi penyakit tibi.

Maka orang –orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah seperti bayi, balita atau orang yang berusia lanjut harus lebih berhati – hati.  Tipe –tipe orang berikut ini juga patut mewaspadai infeksi penyakit tibi diantaranya:

–              Orang yang menderita penyakit kronis, terutama yang tidak sedang menjalani pengobatan sementara

–              Orang yang daya tahan tubuhnya menurun

–              Orang yang menjalani operasi besar

–              Orang yang sedang minum obat steroid atau obat anti kanker

–              Orang yang kekurangan gizi

–              Orang yang terinfeksi HIV dan lain – lain

Leave a Reply

Your email address will not be published.