4 Ungkapan Yang Bisa Digunakan Saat Perkenalan Bahasa Jerman

Berbicara dalam bahasa Jerman terkadang tampak lebih sulit dari yang sesungguhnya, apalagi bagi orang Indonesia yang umumnya tidak mendapatkan pelajaran bahasa Jerman di sekolah. Padahal beberapa frasa dan kalimat sederhana bisa membantu kita untuk berbicara dengan penutur asli.

ingin lancar berbahasa Jerman? Ikuti Kelas khusus belajar bahasa Jerman by norwest.co.id 
Mencoba untuk menyusun kalimat perkenalan bahasa Jerman akan menjadi cara mengasyikkan. Karena kita tidak hanya sekedar belajar kosakata atau teori grammar, tapi langsung terjun dalam praktek percakapan. Tanpa sadar, kamu akan lebih mudah paham dan hapal dengan sendirinya. 

Ungkapan Yang Bisa Digunakan Saat Perkenalan Bahasa Jerman


1. Menyapa Dalam Bahasa Jerman

Sebelum melakukan perkenalan bahasa Jerman, hendaknya kamu menyapa orang Jerman terlebih dulu dengan ucapan yang tepat dan disesuaikan dengan usia serta kedudukan sosial mereka. Karena orang Jerman umumnya masih lebih sopan dan formal dibanding bangsa barat lainnya.

Kalau kamu ingin menyapa orang yang lebih tua atau lebih terpandang, ungkapkan dengan kata di bawah ini

Guten morgen (halo/selamat pagi)
Guten Tag (halo/selamat siang)
Guten Abend (halo/selamat malam)

Sedangkan kalau ingin menyapa teman seumuran, cukup ungkapkan dengan sapaan informal “Hallo”

2. Memperkenalkan Nama Dalam Bahasa Jerman

Cara paling umum memulai perkenalan diri bahasa Jerman adalah dengan menyapa lalu mengucapkan nama kamu. Biasanya orang akan menggunakan kalimat "mein Name ist …." atau "Ich bin …." yang diikuti dengan menyebutkan nama. Dan cara pengucapannya tergantung dari formalitas acara tersebut.

Misalnya saja kalau kamu berada di acara ulang tahun, kamu bisa berkata “Hi, Ich bin Deni” (hai, aku Deni). Atau bisa juga "Hallo, Ich bin Deni" (Halo, aku Deni).

Tapi kalau kamu sedang bicara dengan dosen atau memperkenalkan diri dalam suasana formal, kalimat yang lebih tepat adalah "Guten morgen, mein Name ist Deni" (selamat pagi, nama saya deni). Di Jerman, hendaknya kalian tidak salah dalam pemilihan kata dan usahakan sesuai dengan formal atau semi formal.

3. Menanyakan Usia

Pertanyaan selanjutnya yang sering ditanyakan orang yang sedang berkenalan adalah usia. Biasanya orang Jerman akan bertanya pada kita Wie alt bist du? (berapa usia kamu?) atau Wie alt sind Sie? (berapa usia anda?). 

Ich bin 18 (achtzehn) Jahre alt (saya berusia 18 tahun)

Ich bin 24 (vierundzwanzig) Jahre alt (saya berusia 24 tahun)

Ich bin 40 (vierzig) Jahre alt (saya berusia 40 tahun)

kalau kamu sedang pergi bersama anak atau orang tua, kamu bisa menceritakan usia mereka dengan beberapan ungkapan berikut ini 

Meine Eltern sind beide 50 Jahre alt (kedua orang tuaku berusia 50 tahun)

Mein vater ist 50 Jahre alt (ayahku berusia 50 tahun)

Mein mutter ist 50 Jahre alt (ibuku berusia 50 tahun)

Mein Baby ist 3 monate alt (bayiku berusia 3 bulan)

Meine Oma ist 70 Jahre alt (nenekku berusia 70 tahun)

Mein Opa ist 80 Jahre alt (kakekku berusia 80 tahun)


4. Menanyakan Berasal Dalam Bahasa Jerman 

Orang Jerman sepertinya selalu punya rasa ingin tahu dari mana asal negaramu, terutama bagi kamu yang menyapa mereka dengan bahasa Jerman. Mereka biasanya akan bertanya Woher kommen Sie? atau Woher kommst du?, yang artinya dari mana asal anda/kamu? Kamu bisa membalas dengan kalimat berikut ini

Ich komme aus Indonesien (saya berasal dari Indonesia)
Ich komme aus Australien (saya berasal dari Australia)

Mereka juga bisa penasaran dengan tempat tinggalmu. Kalau mereka bertanya Woher kommen Sie? (darimana anda berasal?) atau Woher kommst du? (darimana kamu berasal), maka umumnya kita bisa menjawab dengan,

Ich wohne in Jakarta (saya tinggal di Jakarta)
Ich wohne in bremen (saya tinggal di Bremen)

Nah itu tadi beberapa kalimat yang bisa kita ucapkan saat melakukan perkenalan bahasa Jerman. Sangat mudah bukan? Kalau kamu latih terus kalimat tadi dalam percakapan, kamu akan lancar melakukan perkenalan diri dalam bahasa Jerman. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.