Dari Klasik Jadi Shabby Chic

Ingin mengganti furnitur bergaya klasik ke shabby chic? Ide kreatif berikut ini dapat Anda coba untuk mempercantik furnitur interior rumah Anda. Furnitur yang dapat diubah tampilannya menjadi yang terbuat dari kayu solid. Ini dikarenakan pada salah satu tahapannya, yaitu “merusak” shabby chic ini hanyalah furnitur cat hingga permukaan kayu, hanya bisa diaplikasi di kayu solid, bukan kayu olahan.

Jika diaplikasi di kayu olahan, tampilan permukaan kayu akan terlihat cacat dan tidak indah dipandang mata. Untuk jenis kayu solidnya, Anda bisa menggunakan kayu jati, bangkirai, mahoni, atau pinus. Furnitur meja yang akan diubah ini berbahan dasar kayu mahoni dengan fnishing cat politur kayu berwarna tua. Karena teknik shabby chic ini dapat menutup cat lama, maka Anda tidak perlu mengerok cat lama dan bisa langsung menimpanya. Lantas, bagaimana membuat furnitur tampil shabby chic? Ini dia tahapannya.

Alat Dan Bahan • Kuas berkepala spons. • Kuas lukis. • Cat Propan Acrylux AAC-955 warna biru. • Cat Propan Paint Remover PPR-735. • Cat Propan Acrylux AAL 965 warna clear dove. • Ampelas uk.400. • Sendok makan.

1. Ampelas seluruh permukaan kayu dengan menggunakan ampelas uk.400 untuk menghilangkan debu dan kotoran sehingga cat baru dapat menempel sempurna.

2. Catlah furnitur dengan menggunakan Cat Propan Acrylux AAC-955 warna biru. Anda bisa menggunakan teknik semprot atau kuas. Jika menggunakan kuas, Anda wajib menggunakan kuas berkepala spons agar hasil pengecatan halus (tidak tampak bekas kuas).

3. Keringkan cat selama 2—4 jam. Proses pengeringan tidak boleh di bawah sinar matahari langsung karena dapat membuat hasil pengecatan terlihat retak-retak. Sebaiknya, keringkan di area teras atau di ruang dengan sirkulasi udara yang baik.

4. Sapukan Cat Propan Paint Remover PPR- 375 dengan menggunakan kuas lukis untuk membantu mengupas cat baru sehingga mendapat tampilan “tua”. Aplikasikan cat ini tidak di seluruh permukaan furnitur, hanya di area tertentu.

5. Diamkan Cat Propan Paint Remover PPR-735 selama 3—5 menit, lalu kerok area tersebut dengan menggunakan sendok makan. Sebaiknya, pengerokan dilakukan secara pelan-pelan dengan bentuk memanjang.

6. Ampelas area yang telah dikerok dengan ampelas ukuran 240 untuk memberi kesan cat mengelupas alami. Setelah motif terbentuk, bersihkan debu dan kotoran dengan menggunakan kain lap ball.

7. Diamkan hingga 30 menit, lalu lakukan lakukan proses pengecatan akhir (top coat) dengan menggunakan Impra Aqua Lacquer AL-961?BKear?Co?. Keringkan cat selama 2—4 jam dengan cara diangin-anginkan saja.

8. Furnitur bergaya shabby chic pun siap menghiasi interior rumah Anda. Menarik, kan?

Agar kenyamanan di rumah tetap terjaga meskipun sedang terjadi pemadaman listrik baik karena ada bencana ataupun kesalahan teknis perlu adanya sebuah genset. Harga genset murah bisa didapatkan melalui Distributor jual genset 750 Kva di Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *