Kemana biasanya ibu menghilang saat berada di rumah? “pergi Ke dapur.” Jawaban yang ini pastinya sudah tidak sedikit yang melontarkan. Ruangan yang memang selalu identik dengan sosok ibu ini memang menampung sejumlah aktivitas yang disukai perempuan, seperti memasak, membuat kue, mencoba resep baru, dan sebagainya. Dapur menjadi tempat ibu menuangkan cinta lewat karya kulinernya, untuk dinikmati keluarga. Dapur melahirkan senyum bahagia, energi baru, dan nilai kemanusiaan yang dipupuk anak-anak sejak kecil.

Dapur menjadi salah satu ruangan di rumah yang selain menjalankan fungsinya, juga menjadi wadah penciptaan karakter keluarga. Tak heran, ada ungkapan yang mengatakan, bahwa dapur adalah jantung sebuah rumah. Dapur mewakili selera, kebutuhan, dan kebiasaan keluarga, sehingga tak ada dapur yang sama. Inilah alasan mengapa dapur tak hanya harus ideal, tapi juga bersifat personal. Sifat ini nantinya akan menjadi salah satu pertimbangan penghuni rumah dalam mengisi dapur dengan beragam peranti dan furnitur.

Bermula dari sebuah ruangan untuk menyimpan bahan makanan dan menyiapkan makanan secara sederhana, dapur berevolusi menjadi sebuah ruangan yang penuh kegiatan. Dapur adalah salah satu ruangan yang wajib ada di rumah, dengan fungsi seperti menyimpan bahan makanan dan peranti dapur, menunjang aktivitas memasak dan mencuci peranti dapur, serta menjadi area sosialisasi tambahan di dalam rumah.

Untuk menjaga ruangan ini ideal, ada beberapa faktor yang harus dipenuhi. Ventilasi yang baik akan mengatasi asap dan bau masakan, serta menjaga keamanan ruangan saat terjadi kebocoran gas. Material yang aman dan mudah dibersihkan akan membuat dapur terjaga kebersihannya. Furnitur dan kabinet dengan ukuran yang sesuai akan memudahkan kegiatan di dapur. Juga, sirkulasi gerak yang cukup luas akan membuat pergerakan di dapur lebih leluasa.

Memaksimalkan fungsi dapur di rumah, dilakukan dengan cara mewujudkan berbagai faktor ideal di atas dan tak lupa memberikan sentuhan personal penghuni rumah. Dengan begitu, dapur dapat menjadi tempat untuk beraktivitas dan bersosialisasi dalam keseharian penghuni rumah. Pada akhirnya, dapur akan menjadi jantung rumah yang menghidupkan sebuah keluarga di dalam hunian idealnya.

Agar kenyamanan di rumah juga terjaga perlu adanya sebuah genset. Harga genset yang murah bisa didapatkan melalui Distributor jual genset 1000 Kva Jakarta.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *