Jadwal Uji Coba Kereta Ringan Jakarta Molor Bagian 2

Menurut Iwan, uji coba LRT mundur menjadi 15 Agustus lantaran banyak poin prasarana perkeretaapian yang harus diuji, meliputi stasiun, rel, sistem kelistrikan, persinyalan, dan keamanan. Pengujian itu dimaksudkan untuk memastikan bahwa sistem terintegrasi dan aman bagi penumpang. Sedangkan sertifikat sarana yang berkaitan dengan kereta sudah lebih dulu terbit. Balai Pengujian Kementerian Perhubungan bakal menggelar inspeksi final besok.

Adapun anggota Komisi Pembangunan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI, Bestari Barus, menilai uji coba pengoperasian LRT terkesan dipaksakan. Menurut dia, sebagai regulator, pemerintah DKI seharusnya menyelesaikan seluruh tahap pembangunan sebelum pengoperasian resmi dimulai. “Kalau belum selesai, jangan dipaksakan,” ucap politikus Partai NasDem itu.

Menurut Barus, pemerintah dan PT LRT Jakarta wajib menjamin keamanan dan keselamatan penumpang selama masa uji coba. Bestari lalu mengingatkan pemerintah agar segera menyusun skema subsidi tarif LRT karena masa penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah DKI 2019 akan dimulai pada akhir triwulan ketiga tahun ini atau akhir September mendatang. “Harus pakai subsidi (tarif), anggaran Jakarta mampu (menopang).”

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI, Andri Yansyah, pemerintah sudah membentuk tim yang membahas tarif dan subsidi LRT dari unsur Badan Perencanaan Pembangunan Daerah serta Badan Pengelola Keuangan Daerah. Dia berharap tarif LRT harus bisa bersaing dengan tarif moda angkutan lainnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *