Jadwal Uji Coba Kereta Ringan Jakarta Molor

Uji coba pengoperasian kereta light rail transit (LRT) mundur dari rencana semula pada 10 Agustus nanti. Akhirnya pengoperasian LRT selama satu bulan diputuskan akan dimulai pada 15 Agustus mendatang berdasarkan izin dari Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta. “Izinnya sedang diurus,” kata Project Director LRT Jakarta, Iwan Takwin, kemarin. Iwan menerangkan, mulai 15 Agustus mendatang, kereta ringan LRT rute Kelapa GadingVelodrome akan beroperasi secara terbatas, yakni hanya melewati Stasiun Boulevard Utara dan Stasiun Velodrome.

Sedangkan stasiun lainnya dilewati tanpa singgah. Sertifikat kelaikan dari Kementerian Perhubungan ditargetkan terbit pada 10 Agustus seperti disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ketika berkunjung ke stasiun LRT pada pertengahan Juli lalu. Saat itu, Budi mengatakan proses sertifikasi bakal selesai antara 1 dan 10 Agustus. Sertifikasi itu diutamakan untuk kelaikan infrastruktur yang selesai dibangun. “Kami bisa resmikan (pengoperasian kereta LRT) pada 10 (Agustus 2018),” ujar dia kala itu.

Menurut Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Dwi Wahyu Daryoto, selama uji coba pengoperasian, kereta LRT bisa diakses terbatas. Hanya pemangku kepentingan, siswa sekolah undangan, dan perwakilan media massa yang bisa naik moda transportasi berbasis rel terbaru tersebut. PT LRT Jakarta, anak perusahaan Jakpro, juga belum memungut tarif selama masa uji coba. “Gratis,” ujar dia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *