Memberikan Kamar Pribadi Pada Anak Untuk Melatih Kemandirian Sejak Dini

Memberikan ruang pribadi atau kamar pribadi pada anak akan berdampak baik pada perkembangannya. Moms, penting ya untuk membiasakan anak tidur sendiri. Meskipun rumah kita minimalis tetap saja penting untuk memberikan satu kamar khusus untuk anak. Dengan anak memiliki kamar sendiri, akan ada banyak manfaat yang bisa didapat. Apa saja sih manfaat anak memiliki kamar sendiri?

Saat masih kecil mengajak anak tidur bersama dalam satu kamar tidak ada salahanya. Tapi, saat anak mulai dewasa ada baiknya mereka mulai tidur sendiri di kamarnya. Bahkan para psikolog ahli banyak menyarankan untuk anak sudah terbiasa tidur sendiri sejak masih TK. Mengapa? karena hal ini akan berdampak baik kepada tumbuh kembang si anak.

Dengan memiliki kamar tidur sendiri anak akan bertanggung jawab dengan kebersihan dan kerapihan set kamar tidur miliknya. Meskipun bukan sepenuhnya tanggung jawab si anak bisa kok bunda menekankan dan memberikan pengertian pada anak jika kamar tidurnya adalah tempat utamanya dan harus ia yang bertanggung jawab.

Untuk membiasakan hal tersebut, anda bisa melibatkan anak untuk bersama sama membersihkan kamar tidurnya. Dan, jika anak bermain di kamar ajari juga untuk selalu membereskan mainannya agar kamar bersih kembali. Anda juga bisa menyiapkan beberapa laci tersembunyi seperti pada bagian tempat tidur anak maupun di furniture set kamar anak yang lain untuk tempat anak menyimpan mainan mainannya.

Jika dirasa cukup, anda bisa mulai untuk memberikan tanggung jawab penuh pada anak atas kamar tidurnya. Jadi, jika kamarnya berantakan cukup anda mengingatkannya saja untuk segera membereskannya kembali.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *